Kamis, 07 Mei 2015

Pantai Balekambang








 Bagi para penggemar wisata pantai, tentunya tahu objek wisata Tanah Lot yang ada di Bali. Anda tak perlu jauh-jauh ke pulau Dewata  untuk menikmati pesona alam yang seperti itu. Sebab di Pulau Jawa pun ada tempat wisata serupa yang tak kalah indah. Cobalah datang ke Pantai Balekambang di Malang. Kontur dan bentuk pantai beserta kondisi alamnya memang mirip dengan Tanah Lot Bali. Sebuah pura Hindu berdiri anggun pada batu raksasa yang menghadap ke samudera luas.
Pantai-Balekambang-MalangPantai Balekambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekitar 70 kilometer arah selatan Kota Malang, Jawa Timur. Pantai ini landai dan dipenuhi dengan karang laut yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut. Sewaktu air laut surut tampak ikan hias serta aneka ragam biota laut lainnya berkerumun di atas air. Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Jawa ini cukup menawan dan layak dikunjungi, khususnya di akhir pekan. Suasananya sangat asri, pantainya juga bersih dan terawat. Pasir putih sepanjang dua kilometer berpadu dengan ombak yang menggulung sungguh memanjakan mata pengunjung.
Di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Ketiga pulau itu dinamai sesuai karakter dalam pewayangan. Pulau Wisanggeni terhubung langsung ke pantai Balekambang sedangkan Pulau Ismoyo dihubungkan oleh jembatan beton sepanjang 100 meter. Di Pulau Ismoyo inilah berdiri sebuah pura bernama Pura Amerta Jati atau juga dikenal sebagai Pura Ismoyo. Pura ini memiliki karakteristik yang berbeda dari pura-pura Hindu lainnya di Bali. Keindahannya semakin terlihat saat matahari terbenam.
balekambang2Pura Amerta Jati atau Pura Ismoyo dibangun tahun 1985 atas prakarsa Bupati Malang Edi Slamet. Didesain mengikuti Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali, pura ini juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan sering digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan keagamaan. Saat hari-hari besar umat Hindu, pura ini akan terasa sangat ramai. Jika sempat, Anda bisa berkunjung ke pantai ini di saat bulan Suro. Biasanya pada bulan ini Pantai Balekambang ramai didatangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Warga setempat yang masih memegang tradisi biasa menggelar upacara Surohan dan upacara Jalanidha Puja.
Walaupun letak pantai ini cukup terpencil, namun Pantai Balekambang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan, mulai dari warung makan tradisional, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, tempat parkir yang luas, camping ground, kantor informasi, bungalow sederhana, mushola dan pendopo, hingga penginapan. Bahkan kini ada wahana flying fox. Permainan ini dibuka sejak Agustus 2012. Namun flying fox ini hanya buka setiap Sabtu-Minggu. Selain itu, permainan untuk anak-anak juga menjadi daya tarik. Beragam mainan seperti ayunan dan patung hewan lengkap tersedia. Bahkan tak lama lagi akan disediakan persewaan ATV.
Pantai yang dijuluki Tanah Lot-nya Pulau Jawa ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi melalui Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur, dilanjutkan ke Desa Srigoco. Perjalanan ini dapat pula dicapai melalui Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak belok ke kiri ke arah Kecamatan Bantur.
balekambangHarga tiket masuk lokasi wisata ini adalah Rp 15.000 per orang. Jika pengunjung bermaksud menginap di kawasan pantai ini, ada beberapa pilihan. Mulai dari penginapan sederhana yang membanderol  harga Rp 100 ribu per harinya hingga  hotel yang kualitasnya lebih bagus dengan tarif Rp 350-500 ribu per hari. Penginapan ini memiliki fasilitas yang memadai dan menyuguhkan pemandangan langsung pantai dan laut lepas. Selain itu, Anda juga bisa menginap di hotel berbintang seperti Griyadi Montana Hotel, The Graha Cakra, Ollino Garden Hotel, dan lain-lain.



cc.Memorial 2014 @TanahLot nya Bali . Balekambang Beach .



























 c
         

0 komentar:

Posting Komentar