Sabtu, 09 Mei 2015

Memento dan Kenangan Kecil yang Membuatmu Rindu Pada Masa Nge-Kost.

              Kalau kamu pernah merasakan pengalaman sebagai anak kostan, kamu pasti bakal bilang kalau ngekost adalah pengalaman yang nggak bakal kamu lupakan seumur hidupmu. Selama hidup jadi anak kost, banyak cerita suka dan duka yang kamu rasakan. Kenangan tentang kamar kostmu, teman-teman satu kostan, ibu kost, dan semua-muanya masih teringat jelas di kepalamu.
Masa-masa ngekost buatmu adalah momen untuk merasakan kebebasan yang tak ternilai harganya. Hidup jauh dari orangtua, tanpa larangan ini itu membuatmu rindu ingin kembali mengulangi mas itu sekali lagi. Kenangan apa sih yang kamu rindukan saat kamu ngekost dulu? Apakah sama dengan rasa rindu yang dirasakan oleh pembaca ini? Yuk nostalgia lagi ke masa-masa ngekost yuk!


Hak dan kebebasan yang paling hakiki sebagai anak kostan adalah bisa bangun pagi di siang hari!

Mau bangun siangan? Gak ada yang marahain.

“Kangen tidur sepuasnya dan bebas bangun jam berapa aja kalo gak ada jadwal kuliah.
 Agunk,18, Cirebon
Kapan lagi kita bisa bangun dan tidur seenak udel sendiri kalau bukan saat masa-masa ngekost? Mau bangun pagi di siang hari juga nggak ada yang marahin kamu. Apalagi kalau besoknya nggak ada kuliah, kamu bebas deh mau bangun jam berapa aja.

Ritual bangung pagi anak kost:

Jam 05.00 : Alarm pagi  –> Bangun, matiin/ snooze alarm
Jam 06.00 : Ibu nelepon buat bangunin
Jam 06.05 : Tidur lagi
Jam 07. 00: (akhirnya) bangun juga
Jam 07.00 – 11.00 : Ngulet + guling-guling di kasur sampe negara api menyerang


Anak kostan nggak percaya sama Rhoma Irama. Karena begadang itu selalu ada artinya bagi anak kostan.

Ada aja yang dikerjain di malam hari.

“ begadang sampai jam berapa aja gak ada yang ngelarang.”
Iponk,17, Cirebon

Begitu juga kalau malam hari. Anak kost mana yang nggak demen begadang? Jam ngantuknya udah nggak jelas, pokoknya semeremnya mata aja. Anak kost itu mirip hamster sama landak mini — jauh lebih aktif di malam hari ketimbang siang hari. Ada aja yang dikerjain di malam hari. Entah nonton film lah, online lah, main bareng temen-temen lah atau masih ngerjain tugas kuliah.
Tapi, kalaupun kamu bukan anak yang doyan begadang, tapi saat teman-teman lagi pada nginep di kostanmu, jangan harap deh bisa tidur cepet. Temenmu nggak bakal rela lihat matamu merem. Sekalinya merem, bisa-bisa kakimu dibakar pakai korek api!

Acara ngumpul-ngumpul di kamar kost bareng teman-teman emang paling seru. Tapi setelahnya kamu kaget karena kamarmu hancur berantakan!


kamarmu jadi kayak kapal pecah.

“Nonton film bareng di kamar dan mereka sukses bikin kamar'' kayak kapal pecah.”
Cirebon

jaman-jaman ngekost, agenda kumpul-kumpul bareng teman-teman adalah momen yang paling seru. Kalau kamar kostmu adalah tempat yang sering jadi base camp ngumpul teman-teman kampus atau kostan, mau nggak mau kamu harus mau nerima kenyataan kalau kamarmu nggak akan pernah bisa rapi dan bersih. Ngarep kamar-kamar lucu yang kayak di Tumblr? Ahhh… itu cuma mitos, yang ada kamarmu malah terlihat kayak bantar gebang!
Tapi, meskipun dulu kamu capek dan dongkol saat melihat kamarmu berantakan seperti kapal pecah karena tingkah laku teman-temanmu, momen keramaian, kelucuan, dan kekacauan di kamarmu adalah momen yang akan sangat kamu rindukan saat kamu nggak lagi ngekost. Selepas kuliah dan tak lagi ngekost, kamu akan sulit mengulangnya kembali, karena kamu dan teman-temanmu sudah punya kesibukan masing-masing.


 Jadi anak kost sering merana di saat akhir bulan. Satu-satunya harapanmu sebagai penyambung hidup cuma mie instan.


mie instant penyambung hidup anak kosan di akhir bulan,
“ momen kelaparan, gajian kurang 3 hari uang tinggal 20 , akhirnya cuma bisa borong soto , rendang dalam bentuk mie instan.”


Nah, kalau momen yang satu ini adalah nasib dan derita semua anak-anak kost di seluruh Indonesia. Mau tahu penyelamat dan penyambung hidup anak-anak kost kalau lagi bokek? Mie instan!
Beruntung kita hidup di Indonesia, banyak makanan tradisional yang enak-enak sudah dikemas dalam bentuk mie instan. Mau makan rendang ya gak perlu ke warung nasi Padang, mau makan soto gak harus ke warung soto Madura, cukup beli mie instan rasa rendang atau soto yang harganya gak lebih dari 3. 000 perak!
Nggak lupa, anak kostan juga kalau masak mie seringnya pakai rice cooker! Kalau males masak, ya tinggal diremukin trus ditambahin bumbu — selesai masalah. Kalau udah akhir bulan begini, anak kost mana mikir itu makanan sehat atau enggak, yang penting perut kenyang dulu! :p


Agenda rutin bareng anak-anak kostan bikin kamu lupa sama yang namanya homesic

Kegiatan rutin bareng anak=anak kostan, kerja bakti.
“Membersihkan kosan bareng-bareng. Kalau biasanya ada bibi yang membersihkan seluruh area kosan kecuali kamar tidur dan kamar mandi. Maka kami adakan bersih-bersih akbar kosan tiap sebulan sekali, setiap anak yang ngekos wajib berpartisipasi.”

Kalau dapat tempat kost yang asik, kekeluargaannya terjalin baik, rasanya udah berasa tinggal di rumah sendiri. Kamu pun jadi punya rasa tanggung jawab dan peduli dengan kostanmu. Hubunganmu dengan sesama penghuni kost pun sudah seperti saudara sendiri.
Bahan kamu dan teman-teman satu kostan tak segan-segan membuat kegiatan tertentu dalam rangka untuk saling menjaga silaturahmi dan kekompakan. Seperti pengalaman pembaca di atas, dimana di tempat kostnya selalu ada agenda kerja bhakti rutin. Ada juga yang rutin menggelar acara masak-masak bersama, naik gunung setiap kali ada penghuni kost yang lulus sidang skripsi! Seru ‘kan masa-masa ngekost? Apa dulu di tempat kostmu juga seperti ini? :p

Pagi hari yang heboh karena harus antre dan serobot-serobotan kamar mandi dengan teman-teman kostan

ngantri broo..
ngantri broo.. via inihidupkulhoo.blogspot.com
“Rebutan kamar mandi! ini menyebalkan, apa lagi pas lagi kebelet, buru-buru, malah nguantrii dan disrobot. Tapi ketika sudah tinggal sendirian, masuk kamar mandi tanpa gontok2an, tarik-tarikan handuk, dan tanpa teriakan dari teman-teman, rasanya sepi.

Siapa yang tempat kostnya kamar mandinya untuk beramai-ramai? Dulu waktu masih ngekost, ngantre kamar mandi di pagi hari adalah momen yang menyebalkan, tapi jika diingat-ingat kembali, ternyata momen itu sangat kocak.
Saat mau panggilan alam sudah tak terbendung lagi, kamu harus bisa menahan sekuat tenaga jika ternyata kamar mandinya masih dipakai. Kamu juga harus mau mengalah saat tiba giliranmu, ternyata ada teman yang udah kebelet dan minta duluan. Belum lagi saat kamu masuk ternyata kamar mandi masih bau dan air kran kamar mandi tiba-tiba mati.

Adegan ngantre kamar mandi di pagi hari:

Kamu: “Wah apa-apaan ini, main srobot aje lu, antre dulu kali!”
Teman: “Duh.. gue udah ga tahan mau boker nih. Pliss.. gue dulu ya!
—- 20 menit kemudian —-
Teman: “Thanks ya… udah lega nih gue. ”
Kamu: “Anjrit, bau banget! Lo habis makan sampah ya?”
Duh… mau mandi aja kok repot banget. Rasanya kamu ingin berubah jadi hamster biar bisa mandi di pasir.
mending jadi hamster aja, mandinya di pasir
mending jadi hamster aja, mandinya di pasir via forum.dehamster.nl




Saat kamu sakit, teman-temanmulah yang selalu setia merawat, menjaga, dan mendoakanmu supaya cepat sembuh.


Lag sakit didoainteman  biar cepat sembuh.

“Kangen dijengukin satu per satu teman kost ketika lagi sakit, gak lupa mereka pasti suapin makan dan pijitin badanku.”
Ofank,20. Cirebon
Siapa lagi yang kamu andalkan saat lagi sakit di kosan kalau bukan teman-temanmu? Saat teman kost atau kampus tahu kamu lagi sakit, mereka pasti langsung datang untuk jengukin kamu, bahkan tak segan-segan untuk ngejagain dan ngerawat.
Teman-temanmu yang biasanya iseng dan jahil, malah jadi perhatian dan manjain kamu. Mulai dari nganterin ke dokter, mijitin, ngerokin, beliin makanan, nyuapin, bahkan masak makanan spesial buatmu.
Mau sakit au sembuh, makannya tetap mi instan
Mau sakit au sehat, makannya tetap mi instan.

Teman: “Nih gue masakin masakan spesial buat siahh. Cepet sembuh ya lurd  .”
Kamu:” Wahh.. makasih ya brada, jadi ngerepotin. Emang lu masakin gue apaan?”
Teman: “Ah woles aja, nggak repot kok. Orang cuma Mi rebus telor pake cabe doang..”
Kamu: *langsung kejang-kejang

saat ngekost adalah saatnya untuk belajar untuk berbagi. Dari berbagi duit, jajanan, sampai gosip!







berbagi makanan, duit, cerita, dan gosip.

“Kangen sama anak-anaknya yang kepo, gossip apa aja, berbagi apa aja terutama pas lagi kepepet nggak punya bahan sembako. Tentunya temen yang setia ngutangin duit.”

Masa-masa ngekost memang masa-masanya belajar berbagi! Mulai dari berbagi cemilan, makanan, duit, bahkan gosip. Kalau lagi bokek, ganti-gantian hutangin duit. Kalau lagi laper gak punya camilan, main ke kamar sebelah minta camilan. Kalau lagi kurang kerjaan dan pengen ngobrol, ya bagi-bagi gosip yang lagi happening di sekitar, entah itu gosip tentang anak kost baru, ibu kost, atau gebetan. Hhhhmmm… indahnya berbagi!

Tak jarang kamu bertemu sahabat baikmu di tempat kostmu tercinta.

kamu bertemu sahabatmu di tempat kost.

“Disaat malam hari makan bersama, menyelesaikan tugas bersama dan bertukar pikiran tentang kehidupan masa kini dan masa depan. Rasanya seperti keluarga kedua didalam hatiku.”
cirebon.

Saat jaman ngekost dulu, kamu pasti punya teman yang paling dekat dan klop denganmu, entah itu teman kampus atau teman kost. Mulai dari cari makan bareng, nugas bareng, main bareng, sampai galau bareng tentang masa kini dan masa depan. Kemanapun kamu pergi  dan apapun yang kamu lakukan, kamu selalu mengajaknya. Sampai-sampai kalian berdua dibilang pacar, soulmate, atau bbahkan tet*k karena kemana-mana selalu berdua.
Temanmu: “Kalian berudua itu teman atau tet*ek sih? Kemana aja berduaan melulu!”
Kamu & temanmu: “Bukan, kita cuma sepasang sepatu kok. Selalu bersama tapi tak bisa bersatu.”

Kalau nggak punya duit buat ngerjain tugas kelompok di cafe, kamar kost adalah jawabannya. Muat gak muat, harus dimuat-muatin!


muat gak muat harus muat..

“Kalau lagi buat tugas kampus, berapapun orangnya pasti di muat-muatin dalam satu kamar yang sempit.”

Kalau tugas kuliah lagi numpuk-numpuknya, dan nggak ada banyak duit buat ngerjain di cafe, kamu biasanya pasti bakal ngerjain bareng-bareng teman di salah satu kamar kost temanmu yang sekelompok. Nggak peduli seberapa luas kamar kostannya, apakah memenuhi kuota atau enggak, muat nggak muat ya dimuat-muatin!
Kerja kelompok bareng teman–teman juga banyak godaannya. Bukannya serius ngerjain tugas, yang ada malah gaduh karena bercanda melulu. Belum lagi harus ribut dulu beli gorengan buat cemilan sambil ngerjain tugas kelompok. Ujung-ujungnya bakal bagi tugas dan dikerjain sendiri-sendiri di kostan masing-masing.. hehehe


Ada 1001 cara buat seru-seruan bareng anak-anak sekostan. Main poker, capsa, atau UNO, dan yang kalah harus dihukum!

yang kalah main capsa, uno, poker harus dihukum
yang kalah main capsa, uno, poker harus dihukum via kostputri165.blogspot.com

“Main capsa sampe tengah malem. Sampe-sampe diomelin tetangga. Padahal kita main gak brutal-brutal amat. Seru-seru aja. Yang kocak semua temen kost masuk pagi sampe gak bisa kerjain tugas, sementara saya kuliah malam. Jadi semua tugas aman terkendali.”

Selalu saja ada cara buat seru-seruan bareng anak-anak kostan. Paling seru kalau udah menghabiskan malam hari buat adu main bola di PS, main poker, capsa, atau UNO! Ditambah lagi kalau ada hukuman buat yang kalah permainan. Hukumannya dari yang cuma dicoret pakai lipstik, bedak, dijepit pakai jepitan jemuran, sampai disuruh salim sama semua penghuni kostan! Hukumannya itu deh yang seru-seru dan gokil!


0 komentar:

Posting Komentar